Siapa Yang Harus Bertanggung Jawab?

Posted on: Sat, 01 Nov 2008 - 16:30 By: amed

Saya sangat tertarik mengikuti postingan Jensen99 terkait Tanggung Jawab Blogger; tertarik dengan isi postingannya, dengan komentar-komentar di bawahnya, dengan tulisan Geddoe (sebagai counter "resmi kepresidenan" dari posting tersebut), dan juga komentar-komentar di tempat Geddoe... Mencerahkan, serasa kembali ke 2007.

Saya hanya penasaran, di tengah ketimpangan akses informasi antara pusat-daerah, kota-desa, kampus-kampung, sampai google-syaikh, apakah blog, sesuatu yang sudah hampir dua tahun saya geluti ini akan bisa memperbaiki bobroknya arus informasi yang sampai dari sumber berita ke masyarakat?

Mampukah semua blogger, yang notabene punya media yang hampir-hampir bebas intervensi, menghadirkan informasi yang akurat, berimbang dan jelas?
Mampukah semua blogger memberangus hoax, berita lamer, apologi sensasional, atau kopi-paste gak jelas yang hanya menambah sampah internet dan sampah informasi?
Mampukah semua blogger menerapkan pola diskusi yang sehat, bebas ad-hominem, fallacy, dan saling caci, demi mencapai solusi bersama, dengan melepaskan semua jubah, kesombongan dan kepentingan?
Mampukah semua blogger mengalahkan rating dan mengejar manfaat?
Mampukah semua blogger mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial?

Idealnya sih mampu, tapi apa semua mau yaa?

Ngeblog ya ngeblog aja, ngapain repot sih?