Lima Lagu U2 Paling "Nendang" Di Telinga Saya

Posted on: Sun, 02 Dec 2012 - 18:45 By: amed

Bukan rahasia kalau saya penggemar U2. Blog lama dulu pernah diberi nama hasil modifikasi album ke-10 U2, pernah juga titelnya dicomot dari salah satu lagunya. Ya, meski tak bisa disebut fans fanatik dalam artian mengoleksi semua album (ori) maupun memorabilia lainnya, menyaksikan konser mereka live, apalagi sampai beli iPod edisi khusus, kalau harus membuat ranking musisi favorit, U2 pastilah saya taruh paling atas.

Lagu mereka yang pertama saya dengar adalah HMTMKMKM, yang jadi OST film Batman Forever, medio '95. Lagu berikutnya, Staring at the Sun, ada di kompilasi NOW3, sekitar tahun '97. Selebihnya, ketika kuliah saya mulai mengumpulkan kasetnya, dan ketika era digital merambah, akhirnya boleh dapat CD mp3-nya di pasar Sudimampir... Sekarang koleksi lagunya sudah lumayan lengkap tersimpan di harddisk saya, dan biasa diputar kalau tengah hectic ngerjakan thesis... *tsaaah*

Dari sekian banyak singel mereka, saya coba pilih lima yang menurut saya paling 'nendang' di telinga. Pilihan lima lagu ini mengikuti pola lima lagu sebelumnya, terima kasih kepada Om Gentole yang telah menjadi pelopor ;) Yang saya tampilkan di sini adalah versi live-nya, meskipun saya juga tetap menyukai versi studio-nya.

#5. Stay (Faraway, So Close) - Live from Boston, 2001

Salah satu masterpiece U2, dan versi akustiknya seakan menambah nuansa 'nelangsa' di lagu ini.

#4. I'll Go Crazy if I Don't Go Crazy Tonight - Live from NY at Letterman Show, 2009

Saat ini jadi ringtone dan alarm di hape saya.

#3. City of Blinding Lights - Live from Milan, 2005

Versi live-nya penuh efek cahaya yang 'membutakan'.

#2. Kite - Live from Slane Castle, 2001

Berenteng dengan Walk On dan In a Little While jadi lagu favorit saya di album All that..

#1. Where the Streets Have No Name - Live from Chicago, 2005

Satu dari tiga lagu legendaris di album Joshua Tree. Moving, tempting.