Lima Lagu yang Saya Kenal dari RRI

Bagi saya, menyelamatkan “kawan” hidup saya sehari-hari ini dapat dimulai dari hal sederhana, yakni #dengarkanrri. Sekali di udara, tetap di udara!

– Gunawan Rudy (Juli 2014)1

Pasca pilpres yang gegap gempita itu, saya mulai rajin menyimak kembali siaran RRI. Tidak setiap saat, memang; RRI hanya saya dengarkan saat di perjalanan berangkat dan pulang sekolah, atau ke rumah orang tua di Banjarmasin.

Dari radio ini saya banyak mendapat info yang tak tersorot sepenuhnya oleh spotlight media arus utama seperti TV dan koran online, karena mungkin rating-nya kurang moncer dan seksi untuk dinyinyiri. Di RRI, tak hanya berita soal BG, KPK, ISIS atau dualisme Golkar yang terus-terusan digoreng. Dari sini saya mendengar kalau presiden Joko Widodo menaikkan harga beli gabah dari petani. Saya juga dapat info soal Kalsel yang membangun pelabuhan laut di daerah Swarangan, juga menjajaki rencana pembangunan jalur kereta api yang akan terkoneksi ke Kalteng dan Kaltim. Berita-berita yang setidaknya menghindarkan saya dari terus-terusan mengutuk dunia.

Akan tetapi, sebagai mantan operator siaran radio, saya langsung merasa kalau tidak ada SOP yang terlalu ketat dalam pemilihan playlist lagu, setidaknya di Programa 1 yang kerap saya simak. Lagu yang dipilih sepertinya sesuka hati dan sesuai mood operator saja. Hampir setiap hari, di jam yang sama, lagu-lagu tertentu selalu diputar, mungkin oleh operator yang sama. Akhirnya, karena tiap hari mendengar, saya jadi hapal sebagian lagu tersebut. Nah, berikut lima lagu yang lama-lama jadi earworm yang terus terngiang di kepala.

1. Gamma1 – Bukan Cinta Satu Atau Dua

Daur ulang dari lagu Zunea Zunea yang dibawakan penyanyi cilik asal Rumania, Cleopatra Stratan.2 Lagu ini jadi terdengar sangat catchy, dan alay, tentunya.

2. Armada – Pergi Pagi Pulang Pagi

Another alay song! Etapi lagu ini beneran beracun dah. Bahkan tanpa earphone pun, saya masih sering nyanyi lagu ini sendiri di jalan tanpa sadar… 👿

3. Noah – Terang Menunggu

Okay, yang ini bukan band alay, sepertinya, tapi band Ariiiiiiiiiieeeel!!! 😳 Saya memang bukan fans berat mereka, jadi baru tahu kalau ada lagu sekeren ini di album mereka. Lagu ini lumayan jadi favorit saya selain Tak Ada yang Abadi dan Cobalah Mengerti.

4. Ada Band – Pesona Potretmu

Pertama mendengar lagu ini, saya merinding. Iya, ini lagu yang mengharukan buat saya yang gampang trenyuh. Masih untung tak sampai mewek dibuatnya… 😥

5. Grass Rock – Anak Rembulan (Peterson)

Dan ini dia, lagu juara yang diputar setiap pagi jelang jam delapan. Entah apa memori di lagu ini bagi si operator, yang jelas ini lagu keren khas musik rock era 80-an hingga 90-an. Oya, ini band-nya Rere, drummer dari album terbaik Dewa 19 sepanjang masa versi saya: Terbaik-Terbaik.


  1. Kredit foto: Akun Facebook bung Gunawan Rudy 

  2. Lagu aselinya bisa disimak di sini 

Tagged on: , , , ,

5 thoughts on “Lima Lagu yang Saya Kenal dari RRI

  1. warm

    Lagu terakhir salah satu favorit saya! Sesuai jamannya hehe anak asuhanrembulan itu bahkan masih dimainkn dipanggung, saya melihatnya pas ada keramaian di surabaya

    1. Amed Post author

      Tuh, kan. Ketahuan angkatannya :mrgreen: Coba kayak Mbak Ira tuh, biarpun angkatan lawas tapi tetap senang dengan musisi kekinian kayak Armada… 😆

  2. Pingback: RRI, Beranda Malam, dan Sendy