Berbenah

Posted on: Fri, 27 Jul 2018 - 22:22 By: amed

Beberapa bulan ini saya agak kesulitan dapat waktu untuk santai sejenak mengutak-atik blog ini. Meskipun katanya libur panjang, banyak printilan kerjaan ditambah beberapa agenda lainnya yang membuat nuansa liburan kurang terasa.

Kondisi hectic mulai terasa sejak awal semester, dari proses pengisian rapor elektronik, pembuatan soal USBN, persiapan UNBK, hingga pelaksanaan segala jenis ujian untuk siswa kelas 9. Akhir tahun ajaran, selaku wali kelas saya juga harus merekap nilai siswa dan mengisi rapor untuk dibagikan ke orang tua siswa (6/6).

Setelah itu saya sempat "berlibur" ke rumah emak di Banjarmasin hingga lebaran. Sedihnya, tiga hari jelang lebaran, ada dua berita duka. Anaknya rekan satu sekolah dan adik kawan saya yang meninggal dunia. Hari terakhir puasa Ramadan saya habiskan bolak-balik Banjarmasin-Martapura-Banjarbaru-Banjarmasin.

Usai lebaran (15/6) hari Jumat, Senin-nya saya sudah ngantor lagi, kali ini persiapan menghadapi penerimaan siswa baru yang kembali berbasis zonasi dan sistem daring (21-23/6). Proses administrasi segala macamnya memakan waktu hingga seminggu lebih. Setelah itu saya lanjut proses input rapor elektronik, disambi membantu MPLS dan kegiatan outbound bagi siswa baru.

Kelar kegiatan, waktunya istirahat? Oh tunggu dulu, ternyata ada sanak famili istri berombongan datang dari Jawa, jumlahnya 20-an... Kebetulan ada arisan tahunan keluarga besar gitu yang tahun ini bertempat di rumah ibu mertua. Ada agenda ke Siring (8/7) dan Palangka Raya (9/7) yang cukup menguras energi.

Dan akhirnya, liburan saya tutup dengan bermalam di Kiram Park bersama para pengurus OSIS (13-14/7). Senin (16/7) masa sekolah pun dimulai, dan dalam dua minggu ini saya juga mengajar sambil memulihkan kaki yang terkena alergi hingga sempat infeksi. Syukurnya sekarang sudah membaik dan mungkin Senin depan (30/7) sudah aman. Kebetulan api abadi Asian Games katanya akan lewat di jalan A. Yani dan itu anak-anak mau dikerahkan buat menuh-menuhin pinggir jalan...

Jadilah, memang blog ini terabaikan (seperti biasa), meski sesekali saya login, juga sempat menambahkan beberapa Archived Article yang diambil dari postingan di blog lama. Semoga ke depan bisa punya waktu lebih untuk mengurus blog ini.