Yellow

Posted on: Mon, 02 Mar 2009 - 18:34 By: amed

Look at the stars
Look how they shine for you
And all the things that you do

Kemarin malam (1 Maret), usai siaran Aruh Blogger di Sky FM yang sarat pembunuhan karakter, saya menyaksikan Konser Viva la Vida-nya Coldplay di MTV. Dan ketika tiba giliran lagu ini diperdengarkan, saya tiba-tiba teringat kembali masa lalu, ke masa-masa kuliah saya yang njelimet dan absurd...

Tak terasa bulan ini tepat tiga tahun sejak saya meninggalkan bangku kuliah, bekerja pontang-panting demi masa depan dan keluarga, dan menjadi seorang ayah... Ah, such a lot of memorable things happened this month...

Lagu ini jadi lagu pertama Coldplay yang saya dengar. Awalnya tertarik dengan klipnya yang unik, setelah dengar satu album penuh, ternyata Parachutes sangat sesuai dengan karakter dan mood saya saat itu, ho ho ho.

Ternyata mereka sedikit memodifikasi lagu ini kala dibawakan di tur. Temponya lebih cepat dan ada beberapa tambahan sound yang memperkaya lagu, yang aslinya cuma didominasi suara genjreng gitar akustik dan riff elektrik ini. Akan tetapi, yang paling menarik itu tata lampu yang full kuning dan bola-bola berseliweran itu, wah, dahsyat!

Secara keseluruhan, saya suka lagu ini karena dua hal, membangkitkan eksploitasi memori masa lalu, dan kagum dengan konsep yang ditawarkan kala live.

BTW, selamat untuk Coldplay yang memborong tiga Grammy, sekaligus gagal total di Brit Award 2009.