Overwhelmed

Submitted by amed on Fri, 16 Feb 2018 - 16:02

Setelah kurang lebih empat hari menjajal Drupal, kesan pertama saya kepada CMS ini adalah fleksibilitasnya sangat tinggi. Sekilas, saat pertama masuk dapur, tidak terlalu banyak yang bisa diutak-atik, dengan tampilan minimalis, tanpa banyak ornamen.

Ternyata setelah ditelurusi, hampir semua elemen yang ada di dalamnya bisa kita utak-atik sesuai selera. Tak cukup waktu sehari dua hari untuk bermain-main dengan semua fitur yang ada di account page Drupal. Praktis saya tak sempat mencicipi banyak hal mengingat ini disambi menyiapkan simulasi UNBK dan pembuatan soal USBN.

Sejauh ini, yang baru sempat saya oprek adalah:

  • Sedikit perubahan skema warna, juga upload logo untuk judul dan title bar. Standar banget lah.
  • Perubahan setingan region, waktu, dan format jam. Ini penting supaya waktu di dasbor Drupal sinkron dengan waktu di komputer.
  • Penambahan tombol menu pada editor, agar proses penulisan bisa lebih terbantu dengan banyaknya pilihan editing untuk format full HTML (walaupun kode HTML standar ya saya sudah hapal juga di luar kepala, sih).
  • Penggantian permalink, atau di sini disebut URL Alias, dari yang default (/node) menjadi ada tambahan tahun, bulan, dan judul. Saya usahakan dibuat semirip mungkin dengan di WP, walau ya nggak bisa sama persis mengingat struktur konten di Drupal berbeda.
  • Yang sampai sekarang belum sreg adalah pengaturan tampilan komentar dan apa-apa yang harus diisi komentator dan yang dapat ditampilkan di luar. Ini masih jadi PR saya ke depannya.
  • Yang belum tersentuh juga adalah masalah Theme. Nanti lah kalau sudah merasa mampu menguasai medan, saya akan garap pergantian tema ini. Sementara pakai yang ada dulu.

Selebihnya, saya berusaha baca-baca juga artikel-artikel dan diskusi di forum Drupal, juga mengikuti Tutorial di Playlist OSTraining via Youtube. Semoga bisa cepat menguasai hal-hal paling dasar, sehingga tidak banyak masalah yang akan dihadapi ke depannya.

Tags