February 2018

Mengatasi Spam Users

Submitted by amed on Fri, 23 Feb 2018 - 19:26

Ketika mengecek fitur People, saya kaget juga, karena ternyata sudah ada beberapa user tak dikenal yang sudah terdaftar. Status para user nggak jelas ini untungnya sudah diblok oleh sistem, namun tak urung mengkhawatirkan juga.

Saya pun langsung ambil tindakan dengan men-cancel dan menghapus permanen akun-akun itu. Eh ternyata, esoknya ada beberapa akun baru lagi muncul.

Tags

Disqus

Submitted by amed on Wed, 21 Feb 2018 - 08:30

Setelah sekitar seminggu pakai Drupal, saya merasa 'kok fitur komentarnya kurang nyaman ya. Sudah saya coba utak-atik sana-sini tapi masih nggak sreg juga. Apalagi ada laporan dari Om Warm kalau waktu load komen saat dikirim juga agak lama.

Modules

Submitted by amed on Sun, 18 Feb 2018 - 14:06

Eksperimen Drupal berikutnya di website ini adalah penambahan beberapa Modules. Bisa dibilang, salah satu keunggulan terbesar Drupal adalah bejibun-nya Modules yang menambah berbagai fungsi bagi situs yang kita kerjakan. Modules ini anggaplah seperti add-ons di Firefox, atau plugins di WordPress, perkakas kecil yang bisa membantu memudahkan kerjaan kita.

Belum banyak Modules yang sudah saya pasang, walau seiring berjalan waktu saya pasti akan terus menambah aksesoris lainnya di sini. Berikut yang sudah saya coba instal:

Themes

Submitted by amed on Sat, 17 Feb 2018 - 20:52

Saatnya bereksperimen dengan themes. Ternyata proses instalasi tema di Drupal cukup simpel, dengan pilihan tema yang cukup beragam, walau tentu tak sebanyak WP.

Saya menginstal dua tema, yaitu Mayo dan Adminimal. Mayo untuk tema yang akan ditampilkan kepada publik, sedangkan Adminimal untuk tema saat saya mengakses dapur belakang situs ini.

Tags

Overwhelmed

Submitted by amed on Fri, 16 Feb 2018 - 16:02

Setelah kurang lebih empat hari menjajal Drupal, kesan pertama saya kepada CMS ini adalah fleksibilitasnya sangat tinggi. Sekilas, saat pertama masuk dapur, tidak terlalu banyak yang bisa diutak-atik, dengan tampilan minimalis, tanpa banyak ornamen.

Ternyata setelah ditelurusi, hampir semua elemen yang ada di dalamnya bisa kita utak-atik sesuai selera. Tak cukup waktu sehari dua hari untuk bermain-main dengan semua fitur yang ada di account page Drupal. Praktis saya tak sempat mencicipi banyak hal mengingat ini disambi menyiapkan simulasi UNBK dan pembuatan soal USBN.

Tags

Reboot

Submitted by amed on Mon, 12 Feb 2018 - 17:01

Sejak mendaftarkan domain amed.web.id akhir 2013 lalu, situs ini telah sering jadi sarana eksperimen saya, utamanya dalam mencicipi beberapa CMS/Portal Web. Saya sudah pernah menjajal Fork, Ghost, Joomla, walau ujung-ujungnya balik lagi ke WordPress.

Nah, beberapa hari ini, saya mulai tertarik mempelajari Drupal, sebuah Portal yang katanya sangat powerful, fleksibel, dan menawarkan tantangan baru buat saya yang merasa makin bosan dengan WP, yang bisa jadi alasan mengapa saya jarang sekali apdet blog.

Tags