Culture

Ade Putra - Aku Anak Desa

Posted on: Wed, 13 Mar 2013 - 18:50 By: amed

Tiap makan malam di warung pecel lele dekat MM UGM Jakal, saya kerap mendengar seorang pengamen, ibu-ibu, menyanyikan lagu ini. Tertarik dengan liriknya yang sarat idealisme mahasiswa, saya coba carilah versi aselinya di situs tempat segala memori masa lalu berkumpul, Youtube. Ternyata ini lagu lumayan jadul, dibawakan penyanyi era 80-an, Ade Putra. Saya kurang tahu apakah video yang saya temukan ini versi asli atau (besar kemungkinan) yang sudah di-remix.

Polisi yang Tertidur

Posted on: Wed, 28 Mar 2012 - 06:04 By: amed

"Jangan takut Polisi, kalau tidur kita gilas..."

The Panas Dalam - Lagu Timur

Satu hal paling mengesalkan dari jalanan kampung adalah bertebarannya polisi tidur. Bahkan tak jarang, sarana yang dalam definisinya disebut sebagai "alat pembatas kecepatan" itu jumlahnya belasan, bahkan puluhan dalam satu ruas jalan. Jaraknya pun tak tanggung, bahkan ada yang tiap lima-sepuluh meter.

Etika

Posted on: Tue, 16 Jun 2009 - 14:11 By: amed

Saya tahu, nilai normatif macam etika ini sudah demikian basi, out-of-date, muna, dan remeh temeh. Apalagi di era Internet ini, di mana hampir semua hal bisa dilihat dari layar yang cuma sedepa, hampir semua hal bisa diraih lewat benda yang cuma segenggaman.

Saya tahu, teknologi katanya dibuat untuk mempermudah manusia, bukan sebaliknya, menambah masalah. Apalagi di era Internet ini, semua orang ingin serba instan, serba terburu-buru, serba tersegera.

Sebuah Dialog Pada Suatu Malam

Posted on: Fri, 29 May 2009 - 03:24 By: amed

"Saya ini jualan bakso sudah lama, Dik, sejak 1986."
"Wah, sudah cukup lama juga ya, Pak?"
"Yah, dulu saya itu pernah jaya, Dik... Se-Banjarbaru ndak ada yang ndak tahu warung bakso saya... Kalo pembantu ada lah sampe lima. Sayangnya saya itu kemakan rayuan teman, diajak usaha lain. Dagangan saya jadi ludes, habis. Saya bangkrut!"
"Usaha apa, Pak?"

Subscribe to Culture