Selamat Datang Di Kalimantan

Selamat Datang Di Kalimantan
Pulau terluas ketiga di dunia
Dihuni tiga negara
Kaya akan flora dan fauna
Kaya akan keragaman budaya
Dan yang paling utama
Kaya sumber daya alamnya

Selamat Datang Di Kalimantan
Masih sepi manusia
Hanya dihuni 2,1 jiwa per hektar
Masih sepi manusia pintar
Masih mudah untuk diperalat

Selamat Datang Di Kalimantan
Yang setiap tahun mengekspor asap
Yang hutannya kian habis dibabat
Yang sisa galian batubaranya menyisakan danau-danau tak berguna
Yang sungainya kian cemar dan mendangkal
Yang setiap tahun kebanjiran akibat penanaman sawit sporadis

Selamat Datang Di Kalimantan
Surga kaum rakus dan serakah
Sarat manusia miskin daya saing
Yang bisa dengan mudah dimanfaatkan
Untuk jadi kuli dan sesuruhan

Selamat Datang Di Kalimantan
Yang tanahnya makin gersang
Yang airnya makin keruh
Yang udaranya makin jenuh

Selamat Datang Di Kalimantan
Mau ikut rame-rame menghancurkannya???

*Link Menyusul, sementara posting dulu…*
*Maaf kalau masih mentah, baru aja bisa onlen, ngejar deadline*

Posts created 256

38 thoughts on “Selamat Datang Di Kalimantan

  1. Mari-mari kita hancurkan bumi Kalimantan sampai tak ada lagi sisa pohon untuk ditebang, tak ada lagi sisa air untuk diminum.
    Semua demi pembangunan dan kesejahteraan bangsa ini….

  2. Trims puisinya…..mengingatkan kita penghuni kalimantan, untuk mempertahankan kalimantan dari tangan-tangan jahil yang akan menghancurkannya……..

  3. Kalimantan itu mirip Papua. Tetapi Papua belum “terintimidasi” lebih jauh sementara Kalimantan sudah diobok-obok. 🙂

    Kok nggak ada tentang orang utan Kalimantan, yang nasibnya sudah sampai kemana-mana ?

  4. *cukong Mode ON*
    ah? itu kan yang diekspos sama berita? kalau mau lihat, masih banyak kok hutan di kalimantan, lagifula kami juga melakukan reboisasi di tempat-tempat tertentu, tapi yah…memang belum terealisir, karena kami harus *dibakar massa*
    ____________
    ah ya! fuisi bagus sangadh, tafi ko’ orang-orang kalimantan dibawa-bawa?! saia dari kalimantan negh!

  5. bangun… bangun masyrakat dan Lsm2 serta para pecinta lingkungan kalimantan. lawan…. !
    jgn sampai kerakusan menghancurkan kejayaan hutan kalimantan.

    *bukan memprovokasi, cumen ngerasa “gondok” ngeliat hutan2 diancurin* 🙂

  6. Pingback: Telmark.
  7. *ketawa baca komen Hoek* 😆
    Reboisasi? Nebang satu hektar tanam sebiji, begitu Hoek, ya? 😆

    Dikira pohon2 itu tumbuhnya macam nanam cabe apa? :mrgreen:

  8. @ cK
    Maaf, belum sempat diapdet juga 😛

    @ Mina
    Ikutan?

    @ Agorsiloku

    Semua demi pembangunan dan kesejahteraan bangsa ini….

    Yap, you’ve hit the spot, Pak!

    @ Timpakul
    Yah, tidak semua, atau belum semua, bagian kalimantan separah puisi ini, tapi setidaknya itu yang saya lihat, dengar dan rasakan selama 26 tahun hidup di pulau ini…

    @ Rudyhilkya
    Ya, saya?

    @ aRuL
    Ilegal pas loggingnya Rul, pas masuk Malingsia kayunya jadi legal loh!

    @ Hana
    Maksudnya apa hah? Hah? HAH?

    @ Hanna
    Aduh, jangan mengkambing hitamkan setan, nanti ada yang marah…

    @ Danalingga
    Bukan katanya lagi, Dan.

    @ Caplang™
    Yaa, kok gak ikut? Duwitnya gedhe loh!

    @ S2Unmul
    Dan tangan-tangan itu masih saja beraksi…

    @ Garol silva bastos
    Hoh?

    @ Iman Brotoseno
    Masih untung kalau kelihatan Pak, lah kalo musim kabut asap?

    @ Fertob
    Iya ya, saya lupa… Ntar di update berikutnya saya perpanjang deh… Makasih diingatkan Bang.

    @ Hoek
    Yee, saia juga orang kalimantan, kamu kan sudah kabur ke luar negeri pulau?

    @ Telmark
    LSM sih banyak dan sudah cukup jauh bertindak, tapi sekali lagi, di sini uang yang berbicara…

    # Mrs. Neo Forty-Nine
    Yuk!

    @ Alex
    Biasanya mereka nebang satu kawasan abis, Lex, terus yang di pinggir jalan mereka tanamin kembali biar keliatan dari luar kayak sudah selesai di reboisasi, taunya di dalamnya kosong melompong…

  9. Biasanya mereka nebang satu kawasan abis, Lex, terus yang di pinggir jalan mereka tanamin kembali biar keliatan dari luar kayak sudah selesai di reboisasi, taunya di dalamnya kosong melompong…

    Oh, anjritnya! Benar-benar licik. 😈
    Aku lebih kasihan pada segala siamang segala bekantan di hutan daripada bajingan2 penjarah berkerah demikian.
    🙁

  10. @calonorangtenarsedunia:

    saya lebih setuju menghancurkan orang2 kalimantan. :mrgreen:

    Doh, yang patah hati ma orang Kalimantan…

    To someone called Hung:
    Look what you have done!
    👿

  11. Well… Perkataan adalah doa lho, bo’…
    Mbo’ ya jangan terus mengutuk…
    Kalimantan kan di Indonesia juga… anda warga Indonesia bukan? Jangan hanya marah-marah…
    Mbo’ ya… berbuat untuk memperbaikinya…
    MEmperbaiki hubungan dengan Yang Maha KUasa
    MEmperbaiki hubungan dengan Manusia
    MEmperbaiki hubungan dengan Makhluk dan alam sekitar
    perlu banget lho, bo’.. ups… kalo gak suka dipanggil mbo’, jadi tak panggil Pa’e aja ya…

  12. Allow amed….

    Nice poem ya….
    Kalimantan…oh Kalimantan…
    Trus…punya ide untuk memperbaiki pulau terbesar ke3 di dunia itu…?

    Ha…ha…aneh ya, aku dah 5 tahun di perantaunan sama sekali ga merasa rindu dengan Kalimantan tempat kelahiranku.

    Damn…makin ancur tuh pulau….

    Salam
    Eva

  13. Aduh, banyak komen bermutu di posting ini belum saya tanggapi ternyata 🙁 maaph…

    @ Alex
    Paling tidak siamang dan bekantan ndak pernah niat bikin repot atau merusak ekosistem yang ada, kasian mereka cuma korban keserakahan manusia…

    @ Fortynine

    To someone called Hung:
    Look what you have done! 👿

    :mrgreen:

    @ Almascatie
    Selamat… selamat…

    @ Warmorning
    Tapi… sudah terlanjur ada yang merusak….

    @ Dakj
    Sepertinya pesimis, tapi kalau anda tinggal di Kalimantan, bekerja di media dan melihat dengan mata kepala sendiri kerusakan yang terjadi di sini, dan betapa busuknya orang-orang yang pegang kebijakan melanggengkan pengrusakan ini, saya pikir andapun akan merasakan hal yang sama…

    @ Antobilang
    Makasih, nTo… Kamu mengerti banget apa yang terbaik untuk menghancurkan Kalimantan :mrgreen:

    @ IfOnLYEvE
    EVAAAAAAA!!!!!!!!!!

    Yah, kalau ide sih banyak, tapi apa aku punya kuasa untuk merubahnya?

    *Jadi punya ide buat postingan baru neh…*

  14. kalimantan…
    kenapa kau hancur?
    mana hutanmu?
    mana hijaumu?
    kau hancur, terbakar, berasap, gundul (-gundul dipacul)….
    ironis, betapa ironisnya…
    paru-paru dunia kok merokok?
    gemar sama asap ya?
    aku berharap kau berheni merokok…
    Tuhan, tolonglah Kalimantan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top