Lima Game "Gacha" Android Favorit Saya

Posted on: Tue, 02 Oct 2018 - 21:56 By: amed

Sejak dulu saya memang suka main video games. Dari zaman gimbot dan tetris, disambung era konsol Tendo dan PS, hingga punya PC, di sela waktu luang saya kerap bermain berbagai jenis game.

Menginjak era hape, platform gaming pun berpindah ke perangkat mobile. Awalnya hanya penghilang rasa bosan, seperti Snake dan Space Impact, kemudian bereksperimen instalasi manual game berbasis Java di Nokia E63, hingga akhirnya perangkat Android dan Play Store memungkinkan berbagai jenis dan genre game untuk dicicipi.

Game Android generasi pertama yang saya coba pada 2012 di Samsung Galaxy Ace antara lain Angry Birds, Cosmic Colony, dan Brave Heroes. Dua judul terakhir sekarang sudah tak tersedia lagi di Play Store, sedih rasanya.

Seiring meningkatnya kemampuan gadget yang saya miliki, game yang saya coba makin bervariasi, mulai dari Clash of Clans, SimCity BuildIt, Realm Defense, hingga game kekinian semacam Mobile Legends. Dari sekian genre, lama-kelamaan "gacha" jadi genre favorit saya.

Gacha sendiri sebenarnya bukan terminologi kategori game resmi. Hanya saya gunakan untuk mengelompokkan game-game (yang mayoritas bergenre RPG) yang punya kesamaan gaya bermain: mengumpulkan karakter, perlengkapan atau item, yang didapat seusai bertarung, atau ditarik dari loot box atau treasure chest. Saya suka memainkannya karena tidak terlalu menyita waktu, dan tak perlu konsentrasi terlalu tinggi dibanding, misalkan main Mobile Legends yang memaksa kita harus selalu siaga sepanjang pertarungan.

Game jenis gacha tujuannya cuma meningkatkan kekuatan karakter yang kita gunakan agar bisa melawan musuh yang lebih kuat di level berikutnya. Caranya bisa dengan mengumpulkan exp (level up), memasang senjata dan armor (juga meng-upgrade-nya), dan tentunya, mencari karakter yang lebih sakti lagi. Makin banyak karakter hebat yang kita miliki, makin besar kemungkinan kita bisa meneruskan permainan ke level yang lebih tinggi.

Dari sekian banyak game gacha yang bertebaran di Play Store, berikut lima yang sempat saya mainkan dan menurut saya lumayan recommended buat jadi pengusir jenuh sembari mengantre di bank atau nunggu pesanan:

#5 Ragnarok Rush

Game yang masih baru banget, dirilis akhir Agustus lalu. Cukup ringan dimainkan di hape dan waktu loading-nya juga lumayan cepat. Mungkin pengaruh servernya yang lokalan. Oya, game ini hadir dalam bahasa Indonesia. Grafik-nya 2D dengan animasi yang halus dan desain karakter yang lucu-lucu.

#4 Hunter's League

Game ini sudah lumayan lama, tapi baru sekitar sebulan ini saya coba. Berbeda dengan gacha yang lain, karakter di game ini cuma 5 (dan saya baru dapat 4), karena yang jadi fokus untuk dikoleksi di game ini adalah puluhan jenis senjata yang berbeda untuk tiap-tiap karakter. Senjata jadi hal unik yang benar-benar jadi poin pembeda, karena tiap senjata punya efek berbeda tergantung musuh yang dihadapi.

#3 Star Wars: Galaxy of Heroes

Sebenarnya gameplay-nya sih nggak terlalu menarik. Tidak ada plot, hanya bertarung dan bertarung. Lalu terkumpul-lah bermacam karakter dari waralaba Star Wars seperti Chewie, Han, atau Rey. Jualan-nya memang di koleksi tokoh-tokoh tersebut, sepertinya. Yaa, walau kurang sreg, tetap saja saya sempat mau main ini sampai berbulan-bulan.

#2 Final Fantasy Brave Exvius

Dari lima game yang saya sebut di sini, mungkin ini yang benar-benar bisa disebut gacha. Meski sejatinya game ini bergenre RPG (Final Fantasy pula), dengan cerita yang lumayan menarik pula, tetap saja tujuannya adalah koleksi karakter. Ada ratusan unit yang bisa kita kumpulkan, yang berasal dari berbagai seri Final Fantasy dari yang pertama hingga terbaru. Oya, banyak event juga yang bisa kita ikuti untuk mendapatkan berbagai hadiah dan item. Setelah dua tahun, kelihatannya game ini sudah punya basis fans cukup militan.

#1 Summoners Wars: Sky Arena

Nah, ini game terfavorit saya sejauh ini. Sudah diluncurkan cukup lama, tapi saya baru bermain sejak awal Desember tahun lalu. Di game ini koleksi karakter (monster) mungkin bukan prioritas utama, meski tentu, dengan ratusan (atau mungkin lebih seribu?) monster, kita akan tergoda berburu monster terkuat. Yang jauh lebih penting di game ini adalah menaikkan level monster kita agar bisa dipakai bertarung di World Arena. Dengan desain monster yang unik dan menarik, ditambah elemen strategi yang cukup menantang, game ini adiktif sekali buat saya. Oya, buat yang berminat main, tak lupa saya ingatkan kalau ukuran game ini lumayan gede, 2gb+, jadi sebaiknya cari wifi gratisan saja saat mengunduhnya.