Blogging

Friend Surfer & My Comments

Banjarmasin, 9 Januari 2007

Untuk para pakar WordPress-isasi yang sudah veteran malang-melintang di belantara WP, info yang saya tulis ini mungkin basbang banget. Akan tetapi untuk seorang blogger pemula yang baru akan merayakan satu bulan bergabung di sini, dua fasilitas yang saya sebut di atas benar-benar membantu.

Friend Surfer
Saya tidak suka menggunakan feed aggregator, alasannya? Ndak bisa-bisa! Hehe.. Sad but true, saya asli lemot deh, ndak mudeng juga gimana makenya. Sayang juga sebenarnya padahal dengan RSS Reader saya bisa baca 100 ribu blog tanpa berkeringat kan?
Anyway, di WP ada fitur bernama Friend Surfer. Fitur ini memudahkan untuk terus mendapatkan posting-posting terbaru dari blog-blog yang kita suka.
Gimana cara pakainya? Gampang, tinggal tambahkan blog yang kita sukai, misalnya amed.wordpress.com, atau cukup amed saja. Tentukan posting dalam berapa hari yang kita ingin pantau (paling lama 7 hari). Nanti di sidebar Public Blogs akan muncul blog-blog langganan kita itu, disertai jumlah postingnya dalam kurun waktu yang sudah kita tentukan.
Posting-posting tersebut bisa kita baca satu persatu deh, tinggal pencet ‘j’ dan ‘k’ untuk navigasi turun naik postingan, ndak perlu keliling ke mana-mana dulu. Kalo saya mau ngasih komen, baru deh berkunjung ke blog ybs. Praktis thoh?
Ada kekurangannya? Ya ada lah, dan ndak jauh dari ke’narsis’an wordpress itu sendiri. Fitur ini hanya untuk kalangan sendiri, tidak bisa untuk blog di luar WP. Sayang, padahal saya kan nggak cuma blogwalking di WP, banyak juga blog bagus di Blogger dll.

My Comments
Kalo yang ini lebih bermanfaat untuk para tukang komentar yang gemar meninggalkan jejak di mana-mana. Dengan fasilitas ini, kita bisa melacak kembali komen-komen yang telah kita buat, dilengkapi dengan satu komentar di atas kita, dan komen-komen sesudahnya.
Fitur ini amat dinamis, bergantung pada seberapa sering kita memberi komen dan seberapa ‘rame’ thread tempat kita naroh komentar. Supaya komen kita bisa dilacak oleh My Comments, syaratnya cuma 2, kasih komen di sesama blog wordpress (hanya wordpress!), dan anda harus login, tentunya dengan akun wp juga.
Ada kekurangannya? Tentu juga ada. Pertama, sama seperti di atas, cuma untuk WP, bahkan, fasilitas ini tidak bisa melacak komen kita di blog berbayar yang sama-sama berbasis WP. Selain yang berakhiran .wordpress.com ndak bisa dilacak deh komennya.
Kedua, untuk thread yang terlalu panjang, terpaksa disekip-sekip beberapa komentar hingga antara komentar anda dan komentar terakhir hanya berselisih beberapa komentar. Padahal siapa tahu ada informasi penting yang nyempil di komen-komen yang diskip itu hayo? Ya solusinya cuma satu, kunjungi saja blog tersebut dengan sebenar-benarnya berkunjung, ndak cuma ngintip dari atas pohon via fitur ini.

Rekomendasi Ndak?
Rekomendasi banget! Cek dua fitur ini jadi ritual tak terpisahkan begitu saya baru login. Pertama masuk dashboard, cek blog stats, cek komen yang masuk, lalu berselancar di friend surfer, dan berikutnya baru cek jejak komen saya. Sisanya? Blogwalking.. Blogstrolling.. Blogcrawling.. Lalu baru deh mosting, kalau ada yang pengen ditulis juga.

Kesimpulannya?
WordPress rocks!

14 thoughts on “Friend Surfer & My Comments

  1. ditempatku ga ada tuh…jadi ya manual pake thunderbirdku 😀 ga bisa sampe ribuan juga,baru puluh2an aj udah loading lama :p

  2. Sepertinya fasilitas WP yang gratisan beda dengan yang bayar ya? Yah, tapi yang berbayar tentunya lebih banyak fasilitas yang lebih keren kan?

  3. yah masing2 ada keuntungannya sih…
    tinggal prefer yang mana aj 😀 masalah keren ato ga itu mah tergantung isinya bukan tyampilannya 😕

  4. @ ekowanz
    setuju, banget!!
    Iya nih, akismetnya sensi buangget! Anehnya blogmu doang yang kena jaring. Yah, yg penting begitu saya ngecek langsung kupindah kok, tenang aja.

    @ helgeduelbek
    Gimana, pak? Keren ndak? Hehe..

  5. @ Kang Adhi
    Anytime, Kang. Yah, kalo di sini mah seadanya gini aja tulisannya, ndak sebagus karya penulis senior kaya Kang Adhi ah…

  6. @ mrtajib
    Kalo yang saya ulas di sini dijamin ndak bikin pusing Bang, malah buat membantu… Sorry kalau kata-katanya rada njlimet ya…

  7. hallo….

    kalo untuk blog temen kita yg bukan di WP gimana.

    minta tolong dibales ke email saya aj ya..terikasih byk jika bersedia membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *