Etika

Saya tahu, nilai normatif macam Etika ini sudah demikian basi, out-of-date, muna, dan remeh temeh. Apalagi di era Internet ini, di mana hampir semua hal bisa dilihat dari layar yang cuma sedepa, hampir semua hal bisa diraih lewat benda yang cuma segenggaman.

Saya tahu, teknologi katanya dibuat untuk mempermudah manusia, bukan sebaliknya, menambah masalah. Apalagi di era Internet ini, semua orang ingin serba instan, serba terburu-buru, serba tersegera.

Dan saya tahu, etika dan teknologi ini sudah seperti sepeda onthel balapan dengan YZR-M1; gak lepel! Hare gene masih ngemeng-ngemeng soal begituan? Sekarang jaman Fesbuk Om! Sekarang era-nya Aipon! Apa-apa tinggal raih, tak usah peduli halal haram lagi! Sikat! Persetan dengan etika konyolmu itu!

Dan perlahan saya mesti tahu, etika kelak akan ditinggalkan peradaban, menjadi penghias buku usang, atau jadi tempelan di dinding.

Dan orang-orang yang merindukan sang etika kelak akan jadi utopis, harus bersiap mengepak koper, pindah negara, menyepi di gunung, atau bunuh diri perlahan.

Yang jadi pertanyaan saya, sampai berapa lama lagi etika akan dapat bertahan?

Oh, hampir lupa, etika tak cuma bicara soal benar-salah, baik-buruk, tapi juga TANGGUNG JAWAB

Posts created 267

17 thoughts on “Etika

  1. Etika tidak terlepas dari kepribadian orang itu masing-masing dan bagaimana dia menghargai etika yang sudah ada, dan tanggung jawab adalah perwujudan dari etika itu sendiri…

  2. @ Manusiahero
    Juga dengan yang kita lakukan ya?

    @ Edy
    Terus ya? Gak belok-belok 😀

    @ Fortynine & ManusiaSuper
    Bunuh-bunuhan karakter gak beretika…

    @ Wawan
    Etika dan kebebasan? Jadi etika itu fungsinya untuk mengikat ya?

    @ Eoin
    Mmm… gak tau ya, katanya untuk satu buku itu perlu berapa pohon gitu… Kalo pohonnya habis?

    @ Gusti
    Mungkin karena etika setiap individu itu bisa kelihatan jelas, jadi orang bisa nge-judge orang lain dari cara seseorang beretika…

    @ Sez
    Mungkin aja… Kalo ada kudeta…

    @ Nia
    Siap!

  3. ni maksudnya juga nyindir2 qta gitu a? yng dengan gampangnya donlot lagu, film, atw laen sebagainya cause bisa ngirit biaya drpada beli aslinya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top