Pirates of Silicon Valley

Good artists copy, great artists steal.

(Pablo Picasso – dikutip oleh Steve Jobs ketika Apple ingin “membajak” Mouse dan GUI dari Xerox.)

Beberapa hari yang lalu saya menyaksikan Pirates of Silicon Valley, sebuah film adaptasi dari buku Fire in The Valley: The Making of Personal Computer.
Film ini mengisahkan dua nama yang hingga kini pun masih dianggap sebagai orang paling berpengaruh dalam revolusi dunia komputer: Steve Jobs dan Bill Gates. Sudut pandang cerita sendiri diambil dari “wapres” keduanya: Steve Wozniak dan Steve Ballmer.

Ceritanya amat menarik dan mengalir, dengan penceritaan yang unik plus dipenuhi bumbu sarkasme kesukaan saya. Di film ini kita bisa melihat sejarah awal mula perseteruan dari dua perusahaan besar yang mengubah dunia itu: Apple dan Microsoft. Di sini juga diceritakan kisah masa muda Steve Jobs dan Bill Gates, mulai dari kuliah, drop out, hingga terjun ke bisnis komputer.

Di sini kita bisa melihat betapa kedua perusahaan tersebut digarap dari nol besar; dari garasi dan motel murahan, untuk kemudian berkembang seiring strategi mereka masing-masing: Apple dengan ide besar mereka untuk mengubah dunia, dan Microsoft yang menghalalkan segala cara demi mengejar profit sebesar-besarnya.

Hingga akhirnya kita harus menyaksikan betapa Apple yang dibangun atas dasar idealisme Steve Jobs harus bertekuk lutut ditelikung Microsoft, yang sebelumnya kerap mereka remehkan dan dianggap sebagai perusahaan yang “tasteless“. Betapa di balik kharisma dan pesona seorang Steve Jobs, ternyata ada ego yang terlalu tinggi, sifat dan sikap yang sulit dipahami, dan kesombongan yang, tak dinyana, menghancurkan.

Betapa di balik tampang “nerdy” dan kucel Bill Gates, ternyata tersimpan seekor harimau yang tak segan mengaum di hadapan siapa saja, siap menerkam ketika ada kesempatan.

Film ini sangat direkomendasikan untuk mereka yang ingin mengetahui lebih jauh sejarah revolusi di dunia komputer, para penyuka lagu “Online”-nya Saykoji, para nerd yang menghabiskan lebih sepertiga waktunya di depan layar sedepa, blogger juga fesbuker?, para pengguna OS Windows aseli maupun bajakan maupun fanatik Mac OS mahal.

Bill Gates:Good artists copy, great artists steal.
Steve Ballmer: Oh yeah? Who said that?
Bill Gates: Some artist. I think it was Van Gogh.

(Dikutip oleh Bill Gates ketika Microsoft ingin “melihat-lihat” markas Apple.)

Posts created 255

11 thoughts on “Pirates of Silicon Valley

  1. Sebelumnya juga ada film tentang bill gates, tapi jelek dan membosankan ceritanya. Mungkin kalo diceritakan dalam bentuk persaingan dengan jobs bakal menarik cerita persaingannya.

  2. @ Bangaip
    Wah, tu lagu ngetren banget Bang, apalagi liriknya yang
    “Yauda download lagu
    bajakan gratis gak pake ragu
    Saykoji satu album
    setengah jam bisa rampung”

    @ om4gus
    Wah, ada juga ya Om? Apa tuh judulnya? Pengen nyariin juga…

    @ do2t
    Thx 😉

    @ yulian
    Sepertinya…

    @ Itikkecil
    Linus Torvalds tu siapa Mbak? Wartawan ya? :mrgreen:

    @ Zian X-Fly
    Anu, donlot di IDWS ada ay…

    @ jensen99
    Ah, skin kan cuma memperbaiki penampilan, dan bukan kinerja. Makanya sampai sekarang saya masih tetap setia dengan theme windows classic saya…

    @ Manusiasuper
    Maaf, saya mau mudik…

    @ Nia
    Nontonnya kan di leptop…

    @ Rasyid
    Boleh, tapi sedot sendiri aja di idws…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top