Movies

Up Raih 5 Nominasi Oscar

Setelah sukses mendulang dua gelar di Golden Globe Award, Up kembali memperoleh pengakuan di ajang Academy Award 2009 dengan lima nominasi.

Mengikuti jejak sukses beberapa film Pixar sebelumnya, seperti Toy Story (1995), Monsters Inc (2001), Ratatouille (2007) dan Wall-E (2008), Up tak diragukan lagi berhak dinominasikan di kategori Film Animasi Terbaik. Up bahkan menjadi favorit juara, mengingat di ajang Golden Globe kategori yang sama sudah menjadi milik film arahan Pete Docter ini.

Pete Docter dan dua rekannya (Bob Peterson dan Tom McCarthy) juga memperoleh nominasi di kategori Best Original Screenplay. Sementara bagian audio meraih dua nominasi yaitu Best Original Score dan Sound Editing. Khusus untuk Best Original Score, ini jadi kesempatan bagi Michael Giacchino untuk sekali lagi menelikung seniornya, peraih dua Oscar dan 11 nominasi, James Horner (Avatar).

Dan, yang paling membanggakan adalah keberhasilan Up menembus nominasi untuk kategori Best Picture (Film Terbaik). Ini seolah menjadi pengakuan tersendiri terhadap dunia film animasi, yang selama ini kerap dipandang setengah mata sebagai “tontonan anak-anak”. Up menjadi film animasi kedua sepanjang sejarah sekaligus karya Pixar pertama yang mendapat kehormatan ini.

Sejauh ini saya cukup puas dengan apa yang telah dicapai Up, dan semoga hasil terbaik pula yang bisa didapat di acara puncak nantinya. Adventure is out there!

*BTW, jika anda masih terkagum-kagum melihat Avatar meraih 9 nominasi, sebaiknya baca ini dulu deh, hohoho…

6 thoughts on “Up Raih 5 Nominasi Oscar

  1. Academy Award akhir2 ini selalu bikin sensasi, malah kadang2 joke. Joke tahun ini adalah memasukkan UP sebagai nominasi kategori best original screenplay. SERIOUSLY!!! skenario asli terbaik lho! Masih banyak film lain dengan skenario yang bagus tp justru kalah saingan buat jadi nominasi dengan UP. Saya akui kalau UP memang animasi yang bagus, tp butuh skenario yg sangat bagus seperti The Hurt Locker atau unik seperti Inglourious Basterds untuk masuk nominasi best screenplay.

    Bisa ditebak kalau UP bakalan jadi jawara film animasi terbaik (kalau gak dapet, bakalan jadi joke Oscar tahun ini). Soal nominasi UP yang lain sih menurutku cukup layak.

    Avatar? Kecuali soal nominasi kategori berbau teknik yg memang WOW, masuk nominasi kategori lain aja udah pantas bersyukur. Agak heran jg kemaren bisa menang Golden Globe.

  2. @ Itikkecil
    And he… goes around Mount Everest…

    @ Ando-kun
    Saya mah kurang tahu, parameter apa saja yang dijadikan rujukan bagi para pemilih skenario terbaik tersebut. Tapi terlepas dari apakah Up itu film animasi, film anak-anak, film komedi, film berdurasi di bawah dua jam, atau apapun yang membuatnya seakan “tidak punya stereotipe film Oscar”, “orisinalitas” ide yang dibawa film inilah yang, mungkin, menjadi alasan dinominasikannya Up dalam kategori ini (walau peluang untuk menang sepertinya sangat tipis, mengingat yang dilawan adalah film nyaris sempurna macam The Hurt Locker)…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *