15 Channel YouTube Untuk Menemani Karantina

Beberapa hari lalu saya iseng buka Facebook Watch lewat web browser, dan aduh kualitas video di sana membuat prihatin. 🙁 Isinya kalau nggak provokasi, teori konspirasi, ya lagu-lagu Tiktok gitu. Ada sih video Nas Daily juga, tapi maaf kalau dari dulu saya tak suka diksi dan tone yang dipakainya.

Saya coba utak-atik video yang ada dengan meng-hide konten yang tidak saya minati dan sesekali mencari konten positif, siapa tahu algoritma-nya berubah. Di sini saya ketemu satu fakta menarik: ternyata konten macam tutorial gitu di FB jumlah view-nya jauh di bawah konten-konten “viral” yang muncul paling atas di laman Watch. Saya secara subjektif segera ambil kesimpulan: beginilah kualitas konten yang disukai warga FB. Mau diapain lagi? Makanya, bukan tanpa alasan saya mengurangi buka FB dan setidaknya meng-uninstall aplikasinya di hape.

Akhirnya saya balik ke YouTube (halah sama aja ternyata). Yah, meski tak kalah banyak sampahnya, YouTube ini juga punya banyak konten yang setidaknya lebih cocok dengan selera saya. Nah, kali ini saya coba merekap beberapa channel yang menurut saya menarik untuk dinikmati sambil bekerja atau ngapain apa saja lah dari depan layar monitor selama masa karantina yang entah kapan akan berakhir ini. Let’s go!

01 – Kodaline

Selama karantina, band asal Irlandia ini menghibur warga dengan sesi live mereka dari rumah. Kadang ada koor-nya juga yang bikin merinding…

02 – LGR

Channel yang suka membahas perangkat jadul, dan beneran dicoba saat sekarang. Lumayan buat ajang nostalgia.

03 – Kok Bisa?

Channel edukasi lokal yang dikemas dalam animasi yang menarik, dengan penjelasan yang mudah untuk dicerna.

04 – ColdFusion

Salah satu kanal informasi teknologi favorit saya. Saban membahas suatu topik, dokumentasinya komprehensif.

05 – Marques Brownlee

Salah satu Youtuber teknologi tersukses saat ini dengan lebih dari 10 juta pelanggan. Saya khususnya suka seri Retro Tech-nya yang membahas gadget jadul dari perspektif milenial.



Share this

Leave a Comment