Pendidikan; Tanggung Jawab Siapa?

“Anak saya itu sebetulnya nggak nakal, nggak suka mukul. Mungkin teman-temannya saja yang suka gangguin dia” “Kalau anak saya dianggap nakal, ya yang salah gurunya dong, gak bisa mendidik dia.” “Kalau gurunya nggak bisa menangani, ya saya laporkan saja sama kepala sekolah.” “Kalau kepala sekolah nggak bisa menangani juga, ya saya laporkan ke Diknas.” (Kutipan […]

Continue Reading

Kebahagiaan

Seorang rekan, dengan gaya sinisnya yang khas, berdoa di Fesbuk. “Tuhan… saya mohon jadikan saya manusia yang kebahagiaan dan kesedihannnya tidak tergantung pada manusia lain…” Saya tertarik pada satu kata yang saya cetak tebal di atas: kebahagiaan. Apa itu kebahagiaan? Bagaimana mendefinisikan kebahagiaan itu? Apa ciri orang bahagia? Parameter apa yang bisa kita gunakan untuk […]

Continue Reading

Just Because You’re Unique…

… Doesn’t Mean You’re Useful! (Mentang-mentang merasa istimewa, bukan berarti diri elo udah berguna!) Foto di atas saya dapat dari Plurk-nya Lady Dok. Gambar ini lumayan menohok ego saya, dan telah dijadikan wallpaper di laptop saya. Ya, dalam hidup ini, kita kadang terlalu membanggakan keunikan diri sendiri. Bahwa katanya masing-masing manusia itu istimewa. Bahkan Pak […]

Continue Reading

Perubahan Iklim

Mendengar istilah perubahan iklim, yang terbayang di benak saya adalah filmnya Pak Albert Gore, mantan capres AS yang dikalahkan Pak Walker Bush ituh. An Inconvenient Truth, judul film tersebut, mempopulerkan istilah Global Warming (GW); suatu kondisi di mana terjadi peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi. Film yang menyabet Oscar itu memposisikan GW sebagai ancaman serius bagi […]

Continue Reading

Urutan Lahir Menentukan Kepribadian?

Senin (31/8) lalu, saat mengajar kursus untuk anak kuliahan, ada materi yang menarik perhatian saya. Materi tersebut mengenai pengaruh urutan lahir seorang anak dalam keluarga terhadap kepribadian (personality) yang akan dimiliki si anak. Saya kurang tahu apakah materi berupa wawancara ini fiktif belaka, sekadar hiburan atau memang hasil penelitian resmi dari lembaga popsy, yang jelas […]

Continue Reading

Gaji Guru Minimal 2 Juta, Apa Saya Bahagia?

Banjarbaru, 16 Agustus 2008 Pidato RAPBN Presiden SBY yang banyak dikritik sebagai Pidato “Kampanye” saya saksikan dengan harapan yang membuncah akan perbaikan terhadap perekonomian saya para PNS, baik struktural maupun fungsional. Dan ketika bagian kenaikan gaji diumumkan, harapan itu sepertinya sudah setengah terwujud. Katanya akan ada kenaikan rata-rata 15%, dan khusus guru golongan rendah pendapatannya […]

Continue Reading

Being A Teacher

Banjarbaru, 12 Februari 2008   Ahaha.. Begini rupanya rasanya menikmati “cuti yang diperpanjang”… Pagi hari bangunnya santai, bikin susu buat Bunda, nyuci dan nyapu, sarapan juga dengan santai, jalan-jalan pagi dengan Nadira sambil dadah-dadah Bunda yang berangkat kerja. Bermain sepanjang pagi sampai Nadira tidur siang, nyaman nian. Walau rasanya kok badan jadi kurang gerak yah? […]

Continue Reading