Education

Pendidikan; Tanggung Jawab Siapa?

“Anak saya itu sebetulnya nggak nakal, nggak suka mukul. Mungkin teman-temannya saja yang suka gangguin dia”
“Kalau anak saya dianggap nakal, ya yang salah gurunya dong, gak bisa mendidik dia.”
“Kalau gurunya nggak bisa menangani, ya saya laporkan saja sama kepala sekolah.”
“Kalau kepala sekolah nggak bisa menangani juga, ya saya laporkan ke Diknas.”

(Kutipan obrolan ibu seorang anak TK di hadapan ibu-ibu lainnya, sembari menunggu anak-anak mereka kursus…)

Bagus, Bu. Pendidikan memang sepenuhnya jadi tanggung jawab guru. Pendidikan sudah semestinya cuma jadi wewenang institusi pendidikan. Pendidikan memang hanya beberapa jam dari pagi sampai siang… Selebihnya bukan waktu yang tepat untuk mendidik mereka…

15 thoughts on “Pendidikan; Tanggung Jawab Siapa?

  1. yayaya, itu memang tugas saya sepenuhnya sebagai seorang guru. jadi habis bubaran sekolah, anaknya situ nggak usah ikutan pulang ke rumahnya situ. pulangnya ke rumah saya sahaja. soale percuma… toh situ nggak bakal ndidik dia di rumah, kan?

  2. ya.. kalo sepenuhnya tanggung jawab guru apa berarti orang tuanya tak sanggup mendidik anaknya sendiri, atau malah mereka sibuk dengan aktivitas mereka sendiri sehingga gurulah yang sebenarnya yang bagi mereka pantas untuk disalahkan.
    itu percakapan para orang tua yang dangkal

  3. @ Joe
    Waduh, bisa penuh rumah si guru kalo gitu caranya…

    @ Dirairawan
    Ah, orang tua sibuk itu kan demi masa depan si anak juga…

    @ Aap
    Yah, orang tua kan udah bayar Om…

    @ Rizal Islami
    Emangnya saya kepala dinas?

    @ Nia
    Mungkin perlu didefinisikan ulang arti pendidikan itu, biar semua pihak sadar…

    @ Reza
    Atau ada yang tugasnya nanggung, ada yang tugasnya njawab?

    @ Yulian
    Juga merasa penting, kali Om…

  4. kata orang bahasa pertama yang didapat anak yaitu “bahasa ibu”….jadi intinya seorang anak akan jadi warna putih ato hitam ato merah ato orange, tergantung bagaimana pendidikan dirumahnya….renungan kembali ni mas ya’

  5. Tu ibu, pasti dari sekolah yang hebat banget dulunya…mungkin dia sangat mendewakan sekolahnya itu sampai-sampai pendidikan orang tua tidaklah penting…WOW…AWSOME…

  6. @ Aidicard
    define:baik

    Saya nggak berani menghakimi sih, tapi menurut saya si Ibu pastinya juga ingin yang terbaik untuk anaknya, dari orang lain…

    @ Iezul
    Yah, jadi renungan juga untuk para orang tua dan guru. Mungkinkah sebagian dari kita selama ini juga secara tidak langsung punya pikiran yang sama dengan si ibu?

    @ Gentole
    Ah, si anak justru jumawa dong, dibela sama Mamah…

    @ Eblogurl
    Sekolahnya dulu jangan-jangan di Smaven, Va… Hohoho…

  7. pendidikan yg mana dulu yg dimaksd tanggung jawab?
    klo sepenuhnya diserhkan kepada guru, sama saja dengan menghina guru. emangnya guru it babu yg ngurus segalanya, gile aj tuh roang tua yg punya pikiran sempit kayak gitu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *