Culture, Personal

Gabin

Gabin tuh nggak ada SNI-nya, Boi!

(Ucapan bernada apriori seorang rekan)

Saya tiba-tiba kangen gabin
Kakek buyut saya dulu kerjanya jualan gabin, juga ilat sapi, dan wadai satu… Bikin sendiri di rumah, dipasarkan sendiri dengan sepeda tuanya, ke pasar dan ke rumah-rumah tetangga…

Sedangkan nenek saya sedari dulu adalah konsumen gabin fanatik, sehingga di rumah stok gabin hampir tak pernah kosong… Biasanya beliau rendam di air hangat campur gula, atau susu hangat… Jadinya mirip oatmeal/sereal lah kalau orang kota bilang…

Saya sendiri tiba-tiba tersadar kalau saya selama ini kok meremehkan makanan ini. Sejak nenek meninggal, saya jadi tak lagi memperhatikan, apakah di rumah masih ada yang menyimpan makanan ini…

Dan tiba-tiba saya kangen gabin… Kapan-kapan nyari ke pasar ah…

15 thoughts on “Gabin

  1. Kenapa malam itu gak bawa Gabin aja, kalau kue tarang bulan mah sudah biasa, lain kali kalu kita kumpul kita pesta gabin aja plus teh panas…. spertinya mantab tuh….

  2. Gabin masih banyak dijual kok, mas…

    Ane ndiri jadiin gabin makanan alternatif kalau gak ada lagi makanan yang bisa dibeli dengan mahal..

    Gabin alternatifnya.

  3. Tadi saya bikin Gabin isi tuna. hmm…. yummy
    *laper*
    *makan gabin goreng isi tuna*

    Kalo gabin tawar saya jujur kurang suka kecuali yang ada taburan gula-gulanya :mrgreen:

    @ bang jensen

    Gabin itu cracker, coba cari gabin di supermarket, salah satunya ber-merk Jacob’s 🙂 , dulu rasanya hambar. Tapi sekarang dah macam-macam rasanya.

  4. @ Yulian
    Boleh juga tuh Om, sekali-sekali kumpul menu gabin barandam…

    @ Soulharmony
    Ah, pembenaran…

    @ Itikkecil
    Belum nemu, saya juga dah googling…

    @ Jensen99 & Rukia
    Penjelasan Mbak Rukia cukup mewakili dari segi bentuk, cuma yang saya tulis di sini gabin yang bikinan industri rumahan, tradisional, biasanya capnya merah (gambar unyil kalo gak salah), dan dipak plastik transparan… Kalo crackers yang dijual di supermarket, ummm, kurang terasa nostalgianya…

    @ Qori
    Titip kawa kah?

  5. Kalau di kampung saya itu nama generik buat krekers, sama ga?

    Kalau iya, akhirnya saya tahu asal namanya. Teman saya yang kota asalnya berbeda dan jauh ga paham sama nama itu. 😛

  6. @ Amd

    Penjelasan Mbak Rukia cukup mewakili dari segi bentuk, cuma yang saya tulis di sini gabin yang bikinan industri rumahan […]

    Saya bingung e ngasih merk lokal, tar ditempat bang jensen ga ada. jadi ya dicariin yang sejenis 🙂
    gabin produksi rumahan memang beda rasa, kata ibu saya lebih enak yang versi rumahan. tapi kalo dibuat camilan langsung saya kurang suka, lebih enak diolah lagi 😛

    *makan gabin isi tuna lagi*

  7. wah bang amed bikin ulun kangen sama gabin, brp lama ya ga pernah liat gabin lagi .. hiks

    omm Yull, kalau gabin dan teh panas manis … memang mantabbb, apalagi kalau disedian piring kecil dan gabin2 itu dimasukkan ke piring tadi lalu disiram dengan teh manis, enak lo …
    jadi gabin bekuhup ngarannya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *