Politics

Kepada Pemimpin Terpilih

Proses pemilihan kepala daerah di Kalimantan Selatan dan beberapa kabupaten/kota di lingkupnya, siang tadi telah selesai. Masyarakat telah menentukan pilihan, dan sekarang yang tengah ditunggu adalah hasil dari proses penghitungannya.

Hasil hitung cepat beberapa lembaga survei menempatkan beberapa calon sebagai pemenang tentatif pemilu kada kali ini. Wajah-wajah sumringah mereka pun telah bisa disaksikan lewat layar tipi.

Untuk itu, siapapun yang menang saya ucapkan selamat: selamat membuktikan janji anda selama kampanye. Selamat menanggung beban sebagai pengelola provinsi kaya nan dimiskinkan ini. Selamat berjibaku menaikkan indeks pembangunan manusianya yang ampun-ampunan. Selamat memutar otak agar bisa menaikkan PAD yang seadanya itu, di tengah berjuta ton bahan tambang terus ditarik keluar, dengan kompensasi yang juga seadanya itu…

Selain ucapan selamat, saya juga titip doa.

Semoga yang terpilih bisa lebih peduli pada sektor pendidikan dan lingkungan di daerah, karena tanpanya, perkembangan sektor ekonomi yang terlihat gemilang itu tak akan berjalan lama.
Semoga tak ada lagi pemadaman karena katanya, kurang pasokan listrik.
Semoga tak ada lagi lempar-lemparan kesalahan gara-gara orang miskin, apalagi mengingat kemiskinan tidak mengenal asal daerah, APALAGI menganggap kemiskinan sebagai TAKDIR.
Semoga tak ada lagi jalan berlubang yang baru dimuluskan menjelang kampanye.
Dan semoga tak ada lagi anak di provinsi kaya ini yang terpaksa mengamen, meminta-minta, atau menjadi penyemir sepatu seperti ini…

Semoga, karena yang kalian sebut rakyat ini, telah menahbiskan kalian hari ini, sebagai pasangan yang dianggap paling amanah. Dan semoga kalian bisa menjaganya, hingga lima tahun ke depan.

Foto diperagakan oleh model, dengan seizin ibu yang bersangkutan.

13 thoughts on “Kepada Pemimpin Terpilih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *