Lima Lagu Coldplay Favorit Saya

Bulan November tahun ini kebetulan ada dua album baru dari dua grup yang cukup saya antisipasi rilisnya. Pertama Twice dengan hit mereka Fake & True, dan tentunya, Coldplay dengan double album mereka, Everyday Life.

Album kedelapan grup asal Inggris ini kembali sukses memaksa saya mengakui, kalau Coldplay adalah salah satu band favorit saya sepanjang masa. Begitu pertama mendengar Daddy, saya langsung terhenyak dan berteriak “Coldplay jahad!”.

Satu kata buat lagu ini: mesmerizing

Dan kalau ditanya kenapa saya suka grup ini, agak sulit menjawabnya. Toh lagu-lagu mereka umumnya sederhana saja dan nggak terlalu wah. Hanya saja, mungkin frekuensi yang mereka pakai di lagu-lagu itu yang nyangkut di indera saya, terus nyantol ke hati. Kebetulan pula, album-album mereka menemani masa-masa pascaremaja saya hingga sekarang.

Kalau dilihat umur, memang usia Chris Martin, Jonny, Will, dan siapa itu pemain bass-nya tidak jauh terpaut dengan usia saya, sehingga karya mereka terasa begitu relatable dengan perjalanan hidup saya. Jadilah ada banyak lagu mereka jadi semacam sontrek kehidupan buat saya, dan berikut lima yang menurut saya terfavorit:

5. Us Against the World

And if we could float away
Fly up to the surface and just start again
And lift off before trouble
Just erodes us in the rain
Just erodes us in the rain
Just erodes us and see roses
In the rain

Lagu ini dan Mylo Xyloto menemani saya saat tengah kuliah S-2 di Jogja. Penggalan lirik di atas jadi bagian yang selalu saya nyanyikan saat memutar lagu ini, entah kenapa.

4. A Head Full of Dreams

Energi di lagu ini memang luar biasa, sehingga tak heran Coldplay menjadikannya lagu pembuka di konser-konser mereka.

3. Green Eyes

Salah satu lagu mereka yang jarang dimainkan, tapi saya suka, mungkin karena gampang digitarin aja sih.

2. Viva La Vida

Lagu dan album ini menemani masa awal transisi saya jadi CPNS, beralih dari pandangan hidup penuh idealisme menjadi nganu. Penggalan lirik berikut seolah ikut memukul saya…

One minute I held the key
Next the walls were closed on me
And I discovered that my castles stand
Upon pillars of salt and pillars of sand

1. Yellow

Sudah bisa ditebak lah lagu favorit sepanjang masa-nya apa. Ini lagu menemani masa kuliah S-1 dan memperkenalkan saya pada kuartet ini sejak awal kemunculan mereka di awal milenium baru.

Posts created 255

2 thoughts on “Lima Lagu Coldplay Favorit Saya

  1. Aku bukan fans Coldplay dan musik mereka bukan seleraku, tapi Viva La Vida ini favoritku dari mereka, yang tiap baca judul lagunya malah keinget livin’ la vida loca… Inget gak itu lagu apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top