Personal

05 – About Parents

Family Photoshoot, Oct 2019

Saya sepertinya jarang sekali membahas soal keluarga di blog ini, jadi agak bingung memulai dari mana, mari kita random saja.

Emak pecinta dangdut, hapal di luar kepala lagu-lagu era Soneta, Elvy, dan Rita Sugiarto. Radio Pelangi di Tape Compo Polytron, yang umurnya sudah lebih dua dekade itu, hingga kini masih menemani beliau menekuni hobi favoritnya: memasak.

Akhir pekan kalau emak nelpon nyuruh ke rumah Pal 6, mau tak mau berarti saya harus menunaikan tugas mulia: menghabiskan makanan beliau. Tak heran lah kalau kami dua bersaudara ini badannya begini.

Emak biasa dipanggil nini sama cucu-cucunya. Selain pandai memasak, beliau juga perhatian dan ngemong. Tak pernah marah, hanya sering ngomel-ngomel kecil. Jadilah beliau kesayangan semua cucunya, apalagi jika dibandingkan sama kayi.

Kalau kayi, begitu abah biasa dipanggil, orangnya nge-troll banget sama cucu, terutama ke Nabil dan Hatta. Tak heran dua cowok ini sering ngamuk gitu karena keseringan digangguin. Hiburan nomor satu kalau ada cucu emang ngusilin mereka.

Hiburan nomor duanya, berkebun. Dari saya kecil, terutama sejak pindah ke Pal 6, halaman rumah selalu dipenuhi tanaman aneka rupa. Dari cabe sampai Mangga, bonsai ala Jepang sampai bonsai kelapa, semua berjejer, kadang sampai harus ekspansi ke garasi atau bikin rak bertingkat biar muat. Bakat berkebun ini, pedihnya, sama sekali tak menurun ke saya.

Saya dan adik dibesarkan dalam kesederhanaan mereka berdua. Meski abah hanya mengantongi ijazah SMP dan emak bahkan tak lulus SD, pendidikan kedua anaknya selalu jadi prioritas mereka. Meski kami punya minat dan bahkan pilihan sekolah yang berbeda sejak SMP, ujung-ujungnya kami tetap memaksakan diri menempuh pendidikan hingga pasca sarjana. Foto yang saya pajang di atas adalah saat hari wisuda S-2 adik, akhir tahun lalu.

Rumah Pal 6 adalah pusat kehebohan keluarga kami, tempat bertukar cerita, gosip, hingga pandangan politik. Kesibukan tak jarang membuat waktu berkumpul semakin sempit, apalagi pekan ini adik mutasi ke Pelaihari. Mungkin ke depannya, spot kumpul keluarga akan berpindah ke sana. Kebetulan pula kota ini dekat dengan banyak pantai dan tujuan wisata lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *